FORUM

Imunisasi untuk bayi prematur

Home Forums Tanya Ahli Imunisasi Imunisasi untuk bayi prematur

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #18066

    Anak saya 9 bulan. Bagaimana imunisasi untuk bayi prematur? Bagaimana jadwal imunisasi untuk bayi perawatan di nicu? Bagaimana imunisasi pada bayi immunocompromised dan dari ibu HIV/HBsAg+?

    Nurussamawati – Sipirok

    #18089

    Sama dengan bayi lahir normal, yang menyusul hanya imunisasi hepatitis B, menunda hingga bayi minimal berat badannya 2000gram. Sedangkan imunisasi lainnya mengikuti jadwal.

    Mengejar semua ketinggalan dengan melakukan catch up. Missal baru keluar 1 bulan lgsg pada usia segitu di lakukan.
    Beda antara HIV dan HBsAg+. Keharusan pada bayi yang dilahirkan oleh ibu HBsAg+ adalah saat bayi iitu lahirditambahkan dengan HB IG dan Vaksin Hepatitis B diberikan secara bersamaan selebihnya harus melakukan imunisasi yg lengkap. Untuk yg HIV, kl bayinya blm tau HIV/tidak maka untuk vaksin hidupnya semua mengalami penundaan kecuali poliotatas itu tetap diberikan. kemudian hepatitis b DPT combo pun diberikan krn vaksin mati. Penundaan di vaksin BCG. Ini akan mengalami perubahan dr waktu ke waktu misalnya kl sudah ketahuan dr awal ibunya HIV+ pastinya dr awal sudah dilakukan anti virus Zidovudin(pada bayi usia 24jam pertama) diberikan sejak bayi itu lahir dan akan dilakukan pemeriksaan awal untuk mengetahui apakah terdapat DNA virus HIVnya yaitu pada usia 4-6minggu.

    _________________________________
    Dijawab oleh dr. Arifianto, Sp.A. dalam kulwap “YAKIN DENGAN VAKSIN DAN IMUNISASI?”
    dr. Arifianto, Sp.A. – Dokter spesialis anak, peminatan neurologi (saraf) anak dan Praktisi Kesehatan Anak. Dokter Apin merupakan Penulis buku Orangtua Cermat Anak Sehat, Pro Kontra Imunisasi, Berteman Dengan Demam

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • You must be logged in to reply to this topic.

Subscribe channel youtube kita!

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.