FORUM

Gimana mengontrol emosi ke suami yang cuek sama kondisi rumah

Home Forums Tanya Ahli Komunikasi dengan Pasangan Gimana mengontrol emosi ke suami yang cuek sama kondisi rumah

Viewing 12 posts - 1 through 12 (of 12 total)
  • Author
    Posts
  • #17793

    Bagaimana cara mengontrol emosi kalau suami cuek pdhl udh dikasih tau berkali2 untuk aware sama kondisi rumah. kl abs di kasih tau mah nurut besokannya kambuh lagi coach. Terimakasih
    (Yeka – Jakarta)

    #18025

    Kalau mau menegur pasangan, langkahnya pelan-pelan dlu. Formula nya seperti ini “AKu merasa begini, ketika kamu begitu, aku inginnya kamu begini”. Bila pasangan anda kurang paham, beritahu lagi scr lebih tegas seperti “Pah tolong lakukan ini” dan kasih tau konsekuensinya. Dan bila belum juga mempan lakukan lagi dengan nada lebih tegas dan menunjukan kemarahan namun tetap terkontrol seperti “Pah tolong jangan gini-gini terus. Kalau papah gini terus kita bakal jd gaenak nih. Ada anak-anak lagi”.

    Kalau dengan cara lembut, tegas dan marah belum juga sadar dan mengerti coba ibu baca semua yg ada di highlightnya Instagram saya disitu semua saya sudah jelaskan. Kalau pasangan sudah tidak bs kooperatif maka yg bisa kita lakukan sebagai pasangannya adalah stop melakukan tanggung jawabnya kita yg bersangkutan dengan dia. Seperti tidak menggosok bajunya dia, tidak mencucikan pakaiannya dia, jangan kerjain biarkan itu berantakan. Kalau dia gamau aware pdhl udh di kasih tau, ya ibu juga biarkan dia mengurus kebutuhannya dia sendiri. Kalau dia nanya kalau dia marah, ibu bisa membalikan dengan “loh kmrn saya sudah minta dgn baik-baik untuk aware dgn kondisi rumah tp kamu tidak kerjakan dan tidak perduli skrg jangan komplen kalau saya pun tidak peduli” ini sehat. Dari pada ibu hanya marah-marah itu tidak mengubah apa2.

    Untuk mengontrol emosi, ibu coba menjauh dari dia lalu fokus pada pernafasan. Lakukan pernafasan dengan menarik nafas lebih pendek daripada membuang nafas. Misal menarik nafas dengan itungan 5 detik dan membuang nafas 7 detik. Lakukan ini sekitar 5-10 kali. Bila emosi sangat tinggi dan hal tersebut tidak efektif, ibu bisa meninggalkan ruangan. Keluar dari rumah jalan-jalan 15-20 menit cari tempat yang luas, kalau bisa ada anginnya dan ada orang-orang yg sdg beraktifitas. Sesuai penelitian bahwa emosi sebenarnya bisa di turunkan tensinya dlm waktu 20 menit.
    ———————————————————————————————
    Dijawab oleh coach Lex dePraxis dari Kelas Cinta dalam kulwap “Sering Bertengkar? Pola Komunikasi Intim dari Hati ke Hati”

    Lex dePraxis adalah seorang Love & Relationship Coach, pakar profesional pertama dan satu-satunya di Indonesia yang mengedukasi tentang hubungan cinta.

    #18877
    Yunike
    Participant

    Menyimakkk

    #18972
    Gilda Kharisma
    Participant

    Kalo aku diingatkan pelan2 trs beritahu lebih tegas juga tp dgn cara sopan dgn kalimat “tolong dan makasih”, alhamdulillah sejauh ini mau paham, mudah2an ke depannya tetep konsisten aware juga sm kondisi rumah.

    #18982
    Rizqa Purnamasari
    Participant

    Suamiku malah peduli bgd sm kondisi rumah mom.. apa2 pgn beres, pgn rapi.. tp klo yg ga peduli,, kykny mesri dibicarain baik2 dan pelan2 yaa mom.. biar ga salah penyampaian klo lgsg marah2 gt ngmgny

    #24400

    Kalo aq sich intinya to the point jangan kebanyakan kode, jadi langsung aja “pah tolong buangin sampah, atau tolong cuci lagi ya bekas bikin kopinya”. Alhamdulillah suami langsung ngerti.

    #28318
    Picca Putri Utami
    Participant

    Iya betul itu coach, kalo memang semua cara udah dilakuin dari ngasih tau lemah lembur, terus naik ke tegas tapi tetep gak berubah, ya coba pake cara kayak dikasih hukuman gitu, atau kita yg balik gak aware, pasti nanti mikir deh mams

    #32147
    Arfa srifantari
    Participant

    Memang harus pelan2 yah ngasih taunya, soalnya tipe suami yg cuek kaya gini ga peduli sama kebersihan. Intinya lebih nyaman gitu sama rumah yg berantakan.

    #47845
    Rizqa Purnamasari
    Participant

    Tapi sebenernya klo type suami yg bisa nerima gt.. cukup kasih tau to the point aja mom, wlopun masih tetep dilakuin jg.. tp minimal dy tau klo qt ga suka.kyk misal suamiku hobi banget ambil baju berantakan, aku suka bilang.. haduuhh ambil baju jgn beginii, ngomel sambil ngerapiin.tp besoknya doi ambil baju paling atas.. ga berantakan lg. Tp seminggu kemudian dilakuin lg.. hahah

    #55813
    Putrimahar66
    Participant

    Wah kalo inisih harus super duper sabar moms tapi jangan nyerah. Kalo aku biasanya ngomong aja terus sampe dia capek dan mendengarkan. Selain itu pake andalan pillow talks hehe. Alhamdulillah lama kelamaan sidia paham ko 🙂

    #55919
    Asya cantik
    Participant

    Intinya komunikasi yang baik mom sama Suami 🙂

    #56007
    Deka Noverma
    Participant

    Tarik nafas….. Lalu katakan apa yg mom ingin ungkapkan segera ungkapkan 😊😊

Viewing 12 posts - 1 through 12 (of 12 total)
  • You must be logged in to reply to this topic.

Subscribe channel youtube kita!

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.